Minggu, 04 Maret 2012

Tips Menjadi Pribadi Yang Kharismatik

Anda pasti sering melihat dan bahkan kagum dengan sosok yang kharismatik, contohnya saja ketika Anda melihat sosok seorang pimpinan di suatu perusahaan atau sosok lain yang telah meraih puncak kesuksesannya. Mungkin sebagian besar dari Anda berpikir, Anda ingin menjadi seperti mereka, yang menyampaikan segala sesuatu yang ada di pemikirannya dengan percaya diri.
Kharismatik merupakan suatu sifat yang dimiliki oleh pribadi yang sukses atau berhasil, memang tidaklah mudah untuk memiliki sifat demikian. Namun, ada beberapa hal yang bisa kita pelajari untuk menjadi seseorang yang kharismatik, mulai dari hal-hal kecil ini akan tumbuh menjadi suatu yang besar.
  1. Dimulai dari diri sendiri.
    Tanamkan dalam benak Anda bahwa Anda adalah seseorang yang memiliki jiwa Kharismatik. Dengan cara bertindak layaknya seorang yang kharismatik, seperti percaya diri, ramah dan bijaksana. Menganggap diri Anda adalah seorang yang kharismatik dan anggaplah bahwa Anda di pandang layaknya seorang yang kharismatik oleh orang lain. Lihat hasilnya, Anda akan terbentuk menjadi seorang yang Kharismatik tanpa Anda sadari.
  2. Menatap lawan bicara.
    Biasakan untuk menatap lawan bicara Anda saat melakukan komunikasi dua arah. Perhatikan bola matanya, banyak orang yang merasa canggung atau tidak terbiasa untuk memperhatikan mata lawan bicaranya karena merasa tidak percaya diri. Berlatihlah dengan orang terdekat Anda, jika sudah terbiasa cobalah terapkan kepada orang lain. Selain itu dengarkan dengan seksama apa yang lawan bicara Anda katakan. Memang sulit untuk melakukan poin ini, karena Anda harus melawan egoisme diri Anda untuk mendengarkan apa yang lawan bicara Anda katakan yang belum tentu Anda tertarik dengan apa yang dibicarakan.
  3. Percaya diri saat menyapa orang yang belum dikenal.
    Orang yang kharismatik mampu untuk menyapa orang lain yang belum dikenalnya dengan penuh percaya diri. Anda mungkin merasa malu, malas, canggung, atau gugup saat ingin menyapa orang asing yang belum Anda kenal. Sebisa mungkin kuasai diri Anda menyimpan semua perasan itu, karena orang yang kharismatik memiliki tingkat kepercayaan diri yang cukup tinggi termasuk untuk memulai perkenalan atau pembicaraan dengan orang asing yang belum dikenal.
  4. Ingat nama orang lain dan hal-hal kecil lainnya.
    Orang yang kharismatik jika bertemu dengan orang lain sanggup untuk menyapa dan mengingat kejadian – kejaian kecil yang orang lain anggap tidak penting tetapi hal tersebut yang membuat orang lain merasa dipentingkan. Mengingat nama orang lain, kedengarannya memang mudah. Tetapi jika Anda tidak dengan bersungguh-sungguh membuka diri untuk orang lain, terkadang Anda sering mengabaikan nama orang yang baru Anda kenal. Biasakan untuk mengingat nama, kejadian-kejadian saat Anda bertemu dengan orang tersebut pertama kali.
  5. Carilah tokoh teladan.
    Carilah orang sukses yang Anda teladani. Perhatikan cara mereka berjalan, duduk, berbicara, apapun gerak gerik yang membuat orang tersebut berkharisma. Dengan demikian Anda terpacu untuk menjadi sepertinya. Namun Anda bukanlah dia, tetaplah untuk menjadi diri Anda sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar